Langsung ke konten utama

Private Home Visit untuk Anak Berkebutuhan Khusus



image
Anak berkebutuhan khusus (Heward) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Yang termasuk kedalam ABK antara lain: tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan prilaku, anak berbakat, anak autis, cerebral palsy, speech delay, down syndrom, disleksia, dan anak dengan gangguan kesehatan. Karena karakteristik dan hambatan yang dimilki, ABK memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka, contohnya bagi tunanetra mereka memerlukan modifikasi teks bacaan menjadi tulisan Braille dan tunarungu berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Pada anak autis mereka membutuhkan berbagai terapi individual.
AUTISMA
Adalah anak yang memiliki gangguan perkembangan sejak usia sebelum 3 tahun. Gangguan perkembangan yang terjadi pada anak autis sangat komplek meliputi gangguan komunikasi, sosialisasi dan adanya perilaku tidak normal.
ADHD
Dapat diterjemahkan dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiper-aktivitas atau GPPH. Biasanya anak ADHD ini di ikuti gangguan psikiatri lainnya, seperti gangguan belajar spesifik (disleksia), keterlambatan bicara, diskalkulia, dan gangguan gerakan tubuh.
GIFTED
Anak GIFTED adalah anak denan intelegensi yang super atau genius. Dengan intelegensi yang jauh di atas normal, perilaku meteka terkesan aneh. Mereka tidak merasa nyaman berada di kelas dengan teman sebayanya karena dirinya merasa lebih pandai dari temannya. Pada anak GIFTED ini kita harus dapat melihat bidang apa yang paling menonjol di dalam dirinya dan kemudian dapat dikembangkan dengan bimbingan terapis dan guru yang menguasai di bidangnya.
CEREBRAL PALSY
Cerebral Palsy (CP) adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan kesulitan untuk mengontrol pergerakan tubuh dan koordinasi otot pada bayi baru lahir. Hal ini dapat terjadi sewaktu bayi lahir atau beberapa saat setelahnya akibat komplikasi dalam kehamilan. CP biasanya dihubungkan dengan kerusakan atau perkembangan yang abnormal pada otak janin. Penyebabnya belum diketahui namun faktor resikonya termasuk kelahiran prematur dan mengalami komplikasi selama persalinan, seperti infeksi ibu atau trauma. Kebanyakan masalah ini terjadi ketika bayi masih dalam kandungan, tetapi dapat juga terjadi kapanpun dalam 2 tahun pertama ketika otak bayi masih berkembang.
Jenis gangguan belajar
* Disleksia (Dyslexia) adalah gangguan belajar yang mempengaruhi membaca dan /atau kemampuan menulis. Ini adalah cacat bahasa berbasis di mana seseorang memiliki kesulitan untuk memahami kata-kata tertulis.
* Diskalkulia (Dyscalculia) adalah gangguan belajar yang mempengaruhi kemampuan matematika. Seseorang dengan diskalkulia sering mengalami kesulitan memecahkan masalah matematika dan menangkap konsep-konsep dasar aritmatika.
* Disgrafia (Dysgraphia) adalah ketidakmampuan dalam menulis, terlepas darikemampuan untuk membaca. Orang dengan disgrafia sering berjuang denganmenulis bentuk surat atau tertulis dalam ruang yang didefinisikan. Hal ini juga bisa disertai dengan gangguan motorik halus.
*Gangguan pendengaran dan proses visual (Auditory and visual processing disorders) adalah gangguan belajar yang melibatkan gangguan sensorik. Meskipun anak tersebut mungkin dapat melihat dan atau mendengar secara normal, gangguan ini menyulitkan mereka dari apa yang mereka lihat dan dengar. Mereka akan seringmemiliki kesulitan dalam pemahaman bahasa, baik tertulis atau auditori (atau keduanya).
* Ketidakmampuan belajar nonverbal (Nonverbal Learning Disabilities) adalah gangguan belajar dalam masalah dengan visual-spasial, motorik, dan keterampilan organisasi. Umumnya mereka mengalami kesulitan dalam memahami komunikasi nonverbal dan interaksi, yang dapat mengakibatkan masalah sosial.
* Gangguan bahasa spesifik (Specific Language Impairment (SLI)) adalahgangguan perkembangan yang mempengaruhi penguasaan bahasa dan penggunaan.
Beberapa jenis gangguan perkembangan diatas membutuhkan layanan khusus yang tepat. Pendidikan anak dengan kebutuhan khusus tidak dapat disamakan dengan pendidikan normal, karena kelainannya sangat bervariatif dab usia mereka juga berbeda-beda. Cara penata-laksanaannya sangat jauh berbeda dengan pendidikan normal. Di pendidikan normal seorang guru dapat menangani beberapa anak sekaligus, untuk anak berkebutuhan khusus biasanya terapis mampu menangani seorang anak pada saat yang sama. Bahkan terkadang untuk anak autis pada tahapan awal terapi dibutuhkan 2 terapis untuk menjadi partner.
Terapi adalah salah suatu bentuk pelayanan untuk anak berkebutuhan khusus seperti anak autis, speech delay, disleksia, cerebral palsy dll. Saat ini banyak dapat kita temui tempat terapi seperti di rumah sakit, klinik tumbuh kembang anak, ataupun sekolah khusus. Namun biasanya orang tua memiliki beberapa kendala saat akan mesasukan anaknya ke tempat terapi seperti waiting list karena pendaftar terlaku banyak, ada juga yangs memiliki kendala tidak adanya waktu untuk mengantar dan menemami anak terapi, atau bahkan jarak yabg jauh dengan tempat terapi dan tidak ada yang bisa mengantarkan. Maka dari itu, Bintang hati bunda memberikan layanan terapi private home visit untuk wilayah bandung kota dan sekitarnya* . Adapun layanan yang diberikan adalah untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autism, Cerebral palsy, PDD-Nos, kurang konsentrasi, Disleksia, Disgrafia, Diskalkulia, Speech delay, Hyperactif) yang meliputi:
  • Terapi perilaku (Metode ABA)
  • Terapi wicara
  • Terapi okupasi
Pembelajaran yang menyenangkan akan menumbuhkan minat baca dan tulis anak tanpa merasa tertekan.
Terapis/ guru adalah seorang yang berpengalaman dibidangnya dan lulusan Pendidikan Luar Biasa di Universitas swasta bandung.
Awal terapi akan dilakukan asesmen terlebih dahulu pada anak agar dapat terlihat sejauhmana kemampuan dan kabutuhannya dalam pembelajaran. Laporan hasil belajar di lakukan setiap selesai terapi. 
Rapotan/ evaluasi diadakan 3 bulan sekali.
✨ Free pendaftaran dan konsultasi ✨
Untuk info selanjutnya silahkan hubungi:
Wulan Tresnawati S.Pd
WA 082115457261
IG @bintanghatibunda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Massage dan Oromotor Untuk Merangsang Kemampuan Bicara Anak

Tutorial Massage Dan Oromotor Untuk Merangsang Kemampuan Bicara Anak JULY 26, 2017  |  BINTANG HATI BUNDA |  Kemampuan bicara anak pada umumnya mulai berkembang pada usia 8 bulan. Pada masa ini, orang tua seharusnya sudah mulai menstimulasi kemampuan bicara anak dengan berbagai cara seperti mengajak ngobrol, membacakan cerita, bernyanyi dan bila perlu berikan pijatan halus dan sederhana di area mulut anak agar otot bagian sekitar mulut tidak kaku. Pada dasarnya, perkembangan anak akan berjalan sendiri seiring dengan pertumbuhan umurnya. Namun ada beberapa anak yang memang membutuhkan stimulus dan perhatian lebih untuk dapat berkembang baik. Biasanya orang tua mulai khawatir jika anak usia 2 tahun tetapi belum dapat berbicara atau hanya dapat mengeluarkan satu atau dua kata. Pada zaman sekarang yang serba canggih, kita dapat mencari informasi dengan mudah melalui internet, dan orang tuapun lebih cepat tanggap terhadap hal seperti ini. Maka dari itu sudah mulai banyak a...